Gadis Penolong

II Raja-Raja 5:1-27

Orang kaya, pintar, berkuasa, sempurnalah… tapi… sakit kusta. Kusta menjadi aib yang memalukan yang menghilangkan kesempurnaan orang tsb. Ini yang terjadi pada diri Naaman
Ada beberapa fase dalam proses kesembuhan/pemulihan/restorasi Naaman:

  1. Kusta Naaman dan anak gadis Israel.
    • Naaman dan kustanya.
      Naaman mempunyai banyak keunggulan yang diceritakan dalam ay 1. Tetapi, ia sakit kusta!
      Sebetulnya Naaman mempunyai problem yang lebih besar dari pada kustanya. Problem itu adalah bahwa ia tidak mengenal Allah yang benar! Apapun problem saudara, dan bagaimanapun besarnya problem itu, itu tidak lebih besar dari pada kalau saudara tidak mengenal Allah / Kristus.
    • Anak gadis Israel yang lalu menjadi pelayan istri Naaman (ay 2).
      Tertawannya anak gadis itu, dan lalu menjadi pelayan di rumah Naaman (ay 2), jelas merupakan hasil pekerjaan Allah dalam melakukan rencanaNya untuk menyelamatkan Naaman.
  2. Kesembuhan Naaman.
    • Naaman berangkat dengan membawa surat dari raja Aram dan banyak persembahan (ay 5).
      Elisa mengajarnya secara berbeda pada waktu kesembuhan itu sudah terjadi (ay 16). … Ada berkat-berkat yang ada di luar jangkauan uang, tetapi sekalipun demikian bisa dimiliki ‘tanpa uang dan tanpa harga’ (Yes 55:1)
    • Elisa mengirim pesan kepada raja Israel, untuk menyuruh Naaman datang kepadanya (ay 8). Dan Naaman datang kepada Elisa (ay 9).
    • Elisa menyuruh seorang suruhan untuk keluar dan mengatakan kepada Naaman untuk mandi 7 x di Sungai Yordan (ay 10).
      . … Ia harus memberikan kesan kepada bangsawan Aram itu kenihilan dari kekayaan dan kemegahan duniawi, dan kewibawaan dari jabatan nabi
    • Naaman pergi dengan marah (ay 11-12).
      Mengapa?

      • Ay 11: ‘Aku sangka …’.
        Dalam persoalan keselamatan, kebanyakan orang mempunyai anggapan / perkiraan bahwa Allah akan menolongnya / menyelamatkannya, kalau ia banyak berbuat baik dan menahan diri dari dosa. Pada saat mereka diberitahu bahwa Allah menyelamatkan manusia bukan melalui perbuatan baiknya (karena perbuatan baik mereka seperti kain kotor di hadapan Allah – Yes 64:6) tetapi melalui penebusan Kristus yang harus diterima dengan iman (Ef 2:8-9), mereka menjadi marah, karena semua ini tidak sesuai dengan perkiraan mereka.
      • Karena sungai-sungai di Damsyik lebih baik dari pada sungai Yordan (ay 12).
        Hal yang sama terjadi dengan banyak orang pada jaman ini pada waktu mendengar Injil, dan diberitahu tentang Allah yang menjadi manusia dan mati disalib untuk menebus dosa manusia, dan bahwa kita diselamatkan hanya dengan percaya kepada Kristus sebagai Juruselamat kita. Mereka menganggap ada jalan lain yang lebih masuk akal, yaitu melalui agama / perbuatan baik / usaha mereka sendiri. Tetapi Kitab Suci mengatakan bahwa Yesus adalah satu-satunya jalan keselamatan / ke surga (Yoh 14:6  Kis 4:12  1Yoh 5:11-12)!
    • Nasehat pegawai Naaman (ay 13).
    • Naaman lalu menuruti nasehat pegawainya, dan ternyata ia betul-betul menjadi sembuh (ay 14).
      Karena itu jangan selalu mengabaikan nasehat orang yang ada di bawah saudara, apakah itu pegawai, pembantu, anak, dan sebagainya. Lebih-lebih, jangan pernah menolak perintah / jalan yang diberikan oleh Tuhan.

0 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *