Hidup Berbagi

II Raja-Raja 5:1-27

Manakah yang lebih mudah? Memberi atau menerima?

Firman Tuhan dalam ayat 34a. Mereka memberi tapi tidak pernah kekurangan. Orang memberi/berbagi hidupnya tidak akan kekurangan. Justru ketika kita berbagi hidup maka kita sedang melakukan perintah Yesus. Dalam Yohanes 13: 34-35

Satu-satunya alasan yang paling kuat kenapa saudara dan saya saling mengasihi adalah karena kita semua murid Kristus. Kematian dan kebangkitan Kristus lah yang seharusnya mendorong kita untuk mengasihi Yesus dengan mengasihi apa yang Yesus kasihi, yaitu sesama saudara seiman dan orang lain. Ketika kita telah merasakan anugerah keselamatan Allah yang begitu luar biasa, maka setiap kita akan terus mempraktekkan kasih dalam kehidupan ini.

Kendala untuk berbagi:

Sayangnya di dalam kehidupan sehari-hari, sayapun harus akui bahwa tidaklah mudah untuk hidup berbagi atau memberi.

  1. Tidak percaya / mencurigai orang. Modus penipuan dengan memanfaatkan belas kasihan, akan membuat kita mulai takut dan ragu untuk hidup berbagi. kita mulai curiga dan takut dimanfaatkan, dan itu membuat kita untuk sulit berbagi kepada orang lain.
  2. Egois. Kendala terbesar dari hidup berbagi adalah perasaan egois yang ada dalam diri kita. Ketika hidup kita hanya berpusat pada diri sendiri. Kita mau berbagi ketika itu menguntungkan diri sendiri.

Alkitab juga memberikan 2 contoh yang kontras tentang orang yang berbagi: yang pertama adalah Barnabas dan yang kedua Ananias dan Safira. Contoh ini menyadarkan kita bahwa ada banyak jemaat yang membutuhkan bantuan dan pertolongan kita, dan marilah kita hidup berbagi. Dan kalau kita hidup berbagi marilah dengan ketulusan hati dan bukan dengan paksaan. Bukan juga demi harga diri dan supaya tidak malu, tetapi karena itu adalah panggilan kita sebagai murid Yesus.

Dampak dari hidup berbagi maka Pemberitaan Injil bisa semakin maju dan banyak orang kemudian menjadi percaya. Ada kesatuan dan kesehatian di antara Jemaat. Bahkan mereka hidup dalam kasih karunia yang berlimpah-limpah. Dan dari kesaksian mereka banyak orang menjadi percaya dan mengikut Yesus. Bukankah itu yang seharusnya menjadi kerinduan kita? Membawa orang kepada Kristus.

0 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *