Segalanya adalah Dari Tuhan dan Untuk Tuhan

03
May

Pdt. Kukuh Sudarmanto

Segalanya adalah Dari Tuhan dan Untuk Tuhan
Nats: 1 Tawarikh 29:11

Kesuksesan, ketenaran, kemakmuran dan kemasyuran merupakan dambaan dan harapan setiap orang. Siapapun orangnya pasti sangat senang dan bangga bila namanya masuk Youtube atau di salah satu koran sebagai orang yang berhasil dalam karier dan pekerjaannya dan banyak orang mengacungkan jempol tangannya. Hatinya penuh kebahagiaan bahkan dengan terang-terangan mengatakan memang aku hebat dan layak atau pantas menerima pujian serta penghargaan seperti itu karena semua itu adalah hasil atau buah pekerjaanku, ketekunanku, kerajinanku dan keuletanku.

Hal ini persis seperti yang dikatakan Raja Nebukadnezar dalam kitab Daniel. Berkatalah Raja “Bukankah itu Babel yang besar itu, yang dengan kekuatan kuasaku dan untuk kemuliaan kebesaranku telah kubangun menjadi kota kerajaan?” (Daniel 4:30). Kita melihat begitu banyak kata “ku” diucapkan.

Namun berbeda dengan kesaksian dan pernyataan Raja Daud. “Ya Tuhan punya-Mulah kebesaran dan kejayaan, kehormatan, kemasyuran dan keagungan, ya, segala-galanya yang ada di langit dan di bum! Ya Tuhan punya-Mulah kerajaan dan Engkau yang tertinggi itu melebihi segala-galanya sebagai kepala.” (1 Tawarikh 29:11).

Daud dalam perjalanan kehidupan tugasnya sebagai Raja Israel mengalami kemenangan dan keberhasilan menghadapi musuh-musuhnya bahkan ia menjadi seorang raja yang kaya raya, raja yang tersohor, terhormat, terpandang dan terkenal. Di tengah-tengah keberhasilan dan ketenarannya Daud tidak memegahkan diri dan tidak tinggi hati. Ia sadar bahwa segala kebesaran, keagungan, kehormatan, kejayaan, kemasyuran, semuanya adalah berasal dari Tuhan saja. Allah yang berkuasa atas segalanya dan layak menerima hormat, pujian dan kemuliaan.

Daud hanya bersyukur dan memuji Nama Allah yang agung itu. kekayaan dan kedudukan yang dimiliki berasal dari Tuhan, dan jika bisa memberi persembahan untuk pembangunan rumah Tuhan, semuanya adalah dari Tuhan. Pernyataan yang sama diucapkan oleh Paulus dalam Roma 11:36, “Sebab segala sesuatu adalah dari Dia dan oleh Dia dan kepada Dia. Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya.”

Kiranya renungan ini mengingatkan dan menyadarkan kita bahwa segala yang kita miliki, entah itu harta, talenta, posisi, kedudukan, kesehatan bahkan kesempatan adalah berasal dari Tuhan dan untuk kemuliaan Tuhan.

Close Bitnami banner
Bitnami