BERITA DAMAI SEJAHTERA

04
Oct

BERITA DAMAI SEJAHTERA

Nahum 1:15 Lihatlah! Di atas gunung-gunung berjalan orang yang membawa berita, yang mengabarkan berita damai sejahtera. Rayakanlah hari rayamu, hai Yehuda, bayarlah nazarmu! sebab tidak akan datang lagi orang dursila menyerang engkau; ia telah dilenyapkan sama sekali.

Salah satu hal yang menarik ketika seseorang diminta untuk memilih, mau berita yang mana dulu disampaikan? berita baik atau berita buruk? ada yang memilih yang baik dulu baru buruk, dengan harapannya bisa bertahan mendengar kabar buruk setelah yang mendengar kabar baik; dan sebaliknya ada yang ingin dengar kabar buruk dulu baru kabar baik dengan sebuah pemikiran masih ada harapan yang baik. Apapun juga berita yang kita akan dengar duluan, tidak ada seorangpun sebenarnya ingin dengar kabar buruk.

Sejak bangsa Israel berubah setia kepada Allah, Allah memakai bangsa asing untuk menghukum bangsa Israel. Namun di tengah hukuman itu, selalu ada harapan bagi bangsa Israel untuk berbalik dari kesalahan mereka. Kalau kita memperhatikan Nahum pasal 1, kita bisa melihat bahwa Allah akan menghukum bangsa Niniwe karena kejahatan mereka. Yang menarik adalah dalam kitab Yunus, bangsa Niniwe sempat bertobat dan berbalik kepada Allah saat Nabi Yunus menyampaikan Firman Tuhan. Namun seiring waktu mereka kembali melakukan kejahatan dan Allah menghukum bangsa Niniwe.

Jika bangsa asing yang bukan pilihan Allah diberikan kesempatan untuk berbalik, maka tentulah sama halnya dengan bangsa pilihan Allah yaitu Israel. Benar, Allah akan menghukum setiap kejahatan yang ada karena Allah Maha Adil. Namun, Allah juga Maha Kasih, sehingga di tengah-tengah penghukuman yang ada, selalu ada berita damai sejatera bagi umatNya. Bagi bangsa Israel (Yehuda) selalu ada harapan jika berbalik, bagi kita jaman sekarang pun juga sama. Kematian dan kebangkitan Kristus membuat setiap kita mempunyai pengharapan akan keselamatan. Selama kita berbalik dari dosa kita dan mengikut Kristus maka tentulah kita akan memperoleh kemenangan.

Pikirkanlah kembali akan kehidupan kita hari ini, apakah hari ini kita sudah pernah mendengar dan menerima kabar damai sejahtera dari Tuhan? Berbaliklah dari kejahatanmu, selagi masih ada waktu.

Kemenangan Kristus di kayu salib, membawa berita damai bagi setiap manusia.

Close Bitnami banner
Bitnami