KELEPASAN YANG DINANTIKAN

27
Oct

KELEPASAN YANG DINANTIKAN
Lukas 2:36-39

Hana seorang nabiah di masa Tuhan Yesus datang yang pertama kali ke dalam dunia. Hana selama bertahun-tahun Hana berdoa dan berpuasa di Bait Suci untuk menantikan kelepasan dari Tuhan bagi bangsa Israel. Pada masa itu Orang Israel hidup dalam kegelapan, tidak ada juga suara ke nabian atau Firman Tuhan yang disampaikan selama 400 tahun. Pada waktu itu bangsa Israel di bawah penjajahan Romawi, hukum yang berlaku adalah hukum Romawi, mereka tidak memiliki kebebasan sebagai umat Allah. Beban hidup orang Israel pada saat itu bertambah karena aturan-aturan yang dibuat oleh para tua-tua dan imam Yahudi yang sangat membebani orang Israel. Hana sangat menantikan dan berharap ada kelepasan dari masa kegelapan dan semua beban yang menekan bangsa Israel.

Tuhan menjawab kerinduan Hana, dengan pimpinan dan hikmat Allah, Hana mengenali bayi Yesuslah sang pembebas, ustusan Allah yang akan melepaskan umat Israel dan bangsa-bangsa dari kegelapan dan segala beban yang mengikat mereka. Ketika Hana bertemu dengan bayi Yesus yang akan disunat sesuai Hukum Taurat, dia bersyukur kepada Allah dan memberitakan kabar baik tentang Yesus.

Yesus adalah pembebas atau yang dapat melepaskan kita dari segala beban yang mengikat atau menekan hidup, dan melepaskan kita kegelapan karena dosa. Bagi setiap kita yang telah mengalami perjumpaan dengan Yesus Kristus dalam hidupnya tentu akan dibebaskan atau dilepaskan dari kuasa dosa yang membebani. Ada kelegaan, suka cita dan damai sejahtera dalam diri. Semua itu dapat kita alami semata-mata hanya karena anugerah Allah di dalam Yesus Tuhan.

Oleh karena itu, kita yang telah mengalami perjumpaan dengan Yesus Kristus ingatlah untuk selalu hidup bersyukur dan menyenangkan kepada Allah. Dan juga kita haruslah menceritakan kabar Yesus Kristus sang Pembebas, Allah Juru selamat itu kepada orang lain. Banyak orang yang masih mencari dan menantikan hidupnya dilepaskan dari ikatan dosa. Tuhan memampukan kita untuk menceritakan atau menjadi saksi Yesus Tuhan kita
Soli Deo Gloria