Kemajuan Injil

25
Mar

Kemajuan Injil

Filipi 1:12 Aku menghendaki, saudara-saudara, supaya kamu tahu, bahwa apa yang terjadi atasku ini justru telah menyebabkan kemajuan Injil.

Menjadi pengikut Kristus adalah suatu hal yang menyenangkan bukan? Sukacita karena Kristus telah lahir, mati dan bangkit bagi keselamatan setiap kita yang percaya kepadaNya membuat kita dipenuhi damai dan kebahagiaan. Bahkan ketika kita mulai belajar firman Tuhan dan menaatiNya, ada kecendrungan merasa bahwa kehidupan kita akan selalu baik-baik saja. Selama semua berjalan lancar maka pasti kita sedang berjalan sesuai kehendak Allah. Namun ketika rintangan datang, kegagalan demi kegagalan kita alami, terkadang hal itu membuat kita menyimpulkan bahwa kita sedang tidak berada dalam kehendak Allah.

Sebagai manusia, kita punya kebiasaan memakai tolak ukur umumnya, yaitu kalau semua berjalan baik, maka kita berada dalam rencana Tuhan, namun sebaliknya jika tidak maka kita sedang tidak berjalan dalam rencana Tuhan. Paulus sedang mengingatkan kita bahwa sebagai seorang Kristen yang dewasa secara rohani, kita perlu memperhatikan tolak ukur kita dalam kehidupan. Jangan memiliki keyakinan yang salah bila mengira, asal taat kepada Allah, maka segala sesuatu akan berjalan lancar, tidak ada masalah. Namun sebaliknya, Paulus ingin kita belajar mempersembahkan hidup dengan pengertian bahwa kita perlu terus mengerti bahwa baik keadaan baik maupun sukar teruslah berjalan dalam kehendak Tuhan. Yang Tuhan kehendaki adalah supaya Injil dapat terus disampaikan, baik dalam keadaan baik maupun dalam keadaan sukar.

Bagi Paulus yang waktu itu sedang mengalami penganiayaan dan di penjara, bagi dia kemajuan Injil adalah segalanya. Penderitaan yang dia alami tidak serta merta membuatnya patas semangat, namun terus mendorongnya untuk menulis surat kepada jemaat Filipi dengan tujuan memberitakan Injil dan agar jemaat Filipi juga terus memberitakan Injil.

Mari kembali pikirkan karunia dan tujuan rohani kita, apakah kita melihat kesulitan sebagai alat untuk kebaikan kita dan untuk kemuliaanNya?
Berjalanlah bersama Tuhan dalam kondisi apapun, usahakanlah kemajuan Injil