GREAT POWER,GREAT RESPONSIBILITY

20
Jul

GREAT POWER,GREAT RESPONSIBILITY
Lukas 12:48b

“With Great Power, Comes Great Responsibility!” Merasa familiar dengan ungkapan tersebut? Quotes yang powerfull dan terkenal dari film superhero Marvel, Spiderman. Ya! Di mana ada kekuatan yang besar, di situ ada tanggung jawab yang besar pula! Frasa yang sama juga digunakan dalam pidato Presiden Harry S. Truman bulan November 1950, yang diikuti presiden-presiden Amerika setelahnya.

Bapak Ibu Saudara (BIS), bukankah demikian juga dengan setiap kita orang percaya? Setiap kita diberi kepercayaan oleh TUHAN. Bahkan, bagi beberapa orang, kepercayaan-Nya sungguh besar. Kita menjadi ketua OSIS di sekolah, atau BEM di kampus? Kita sebagai pemilik toko dengan puluhan karyawan, dan banyak cabang? Kita sebagai pelayan di gereja dengan jabatan koordinator tim?

Di dalam Lukas 12:48b, dicatat di sana, “Setiap orang yang kepadanya banyak diberi, dari padanya akan banyak dituntut, dan kepada siapa yang banyak dipercayakan, dari padanya akan lebih banyak lagi dituntut.”

Kekuatan/ kekuasaan bukan untuk disalahgunakan; tetapi kesempatan menjadi teladan, serta digunakan bagi kemuliaan nama Tuhan.

Sejarah memiliki banyak bukti, dimana orang yang justru menjadi rusak karena kekuatan besar: sebut saja Hitler, Genghis Khan, dan Nero sebagai contoh. Atau, dalam skala kecil, preman pasar, pasangan yang kasar, dan politisi korup, hanyalah beberapa contoh dari jenis orang yang kita lihat setiap hari yang menggunakan kekuasaan mereka dengan cara yang salah.

BIS, TUHAN memberikan talenta dan kepercayaan kepada setiap kita dengan satu tujuan. Pertanyaan untuk direnungkan: sudahkah kita memaksimalkan setiap talenta pemberian TUHAN, untuk kemuliaan nama-Nya?