KAMU BERANI?

06
Jan

KAMU BERANI?

“Seandainya hari ini Tuhan memberikan kamu 10x keberanian, apa yang akan kamu lakukan?” Keberanian membuat seseorang mampu mengalahkan keraguannya dan mengambil keputusan yang tepat.

Hari ini saya ingin kita renungkan tentang apa yang telah dilakukan oleh seorang anak bernama Gideon. Dalam kitab hakim-hakim 6, di ceritakan Gideon berani menghancurkan mezbah Baal yang merupakan patung sembahyang yang di jaga oleh bapaknya. Gideon menunjukkan sebuah keberanian yang luar biasa dalam mengikut Tuhan. Meskipun dia tahu bahwa ketika melakukan hal itu, maka ada beberapa konsekuensi yang akan dia alami.

Yang pertama, dia terancam akan di hukum mati. Setelah patung baal dihancurkan, para pengikut baal mencari tau siapa yang menghancurkan patung itu, dan ditemukan bahwa Gideon yang melakukannya. Dan kosenkuensinya, Gideon terancam dihukum mati.

Yang kedua, dia terancam akan kehilangan dukungan terbesarnya yaitu orang tuanya. Yoas orang tua dari Gideon adalah pemilik/penjaga kuil Baal. Bagaimana perasaan Yoas ketika tahu bahwa ternyata anaknya yang merusak apa yang selama ini menjadi pekerjaannya? Sudah sewajarnya Yoas menjadi marah dan bahkan tidak akan melindungi Gideon.
Keberanian yang dimiliki oleh Gideon muncul, karena Gideon mengenal siapa Tuhan yang dia sembah, yakni Tuhan itu Keselamatan (Hakim 6:24). Gideon percaya bahwa Tuhan yang dia sembah adalah Tuhan yang sanggup menolong dia lepas dari segala persoalan, saat dia mengambil keputusan yang sesuai dengan Firman Tuhan. Dan Tuhan melepaskan Gideon, bahkan memakai apa yang diperbuat oleh Gideon menguatkan orang banyak untuk berbalik kepada Tuhan.

Pengenalan akan Tuhan, memberikanmu keberanian untuk melangkah di jalan yang benar

Hakim 6:32 Dan pada hari itu diberikan oranglah nama Yerubaal kepada Gideon, karena kata orang: “Biarlah Baal berjuang dengan dia, setelah dirobohkannya mezbahnya itu”