VIP (VALENTINE – IMLEK – PEMILU)

14
Feb

VIP (VALENTINE – IMLEK – PEMILU)

Ev. Nita Gotib

Pengkhotbah 3:13
“Dan bahwa setiap orang dapat makan, minum dan menikmati kesenangan dalam segala jerih payahnya, itu juga adalah pemberian Allah.”

“Sudah nyoblos pagi ini? Atau baru pergi nyoblos?”
“Oya, sudah beli coklat atau bunga untuk orang yang kamu sayangi?”
“Eh… Hampir lupa. Saya belum sempat bai nian ke beberapa keluarga.”

Wow… Hari ini memang spesial dengan 3 momen khusus sekaligus: Valentine – Imlek – Pemilu (VIP). Rasanya nano-nano alias campur aduk. Teringat saat berkumpul dengan keluarga besar 3-4 hari lalu, bicaranya politik. “Ko pilih siapa? Kenapa ko pilih dia? Dia itu begini begitu…” Dan suasana pembicaraan pun sempat memanas, hingga diakhiri dengan celetukan: “Sudah mi, jangan moko bertengkar. Siapa pun yang terpilih, kita tetap harus kerja cari uang untuk kasih angpao. Sekarang, mana angpaoku?” Dan sekarang sudah nyoblos, tunggu saja hasilnya! Tetapi jangan lupa membeli coklat atau bunga untuk orang yang terkasih di momen Valentine. Kan baru terima angpao. 😊

Hidup ini memang penuh warna-warni. Tidak selalu tertawa, terkadang memang harus menangis. Tidak selalu hubungan harmonis, terkadang terjadi pertengkaran dan bersitegang. Tidak selalu bisnis lancar jaya, terkadang penuh kuatir karena lagi sepi. Tidak selalu bisa menyenangkan orang lain, terkadang bisa mengecewakan.

Inilah yang dimaksud Pengkhotbah 3 di awal pasalnya (ay. 1), dia berkata: “Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apa pun di bawah langit ada waktunya.” Hidup ini tidak statis, tetapi dinamis. Hal ini mengingatkan kepada kita bahwa tidak ada sesuatu apa pun yang bisa diandalkan “di bawah matahari” (istilah yang sering digunakan Pengkhotbah). Kita tidak bisa memegang kontrol atas kehidupan dan tidak bisa menduganya.

Bacalah seluruh Pengkhotbah 3 dan temukanlah kabar baiknya! Tuhan tetap memegang kendali. Jika kita tidak mengerti alasan sesuatu terjadi, bukan berarti tidak ada alasan yang baik dan sempurna di balik semua yang terjadi di dalam hikmat dan kedaulatan Tuhan. Tuhan tidak melakukan kesalahan dan tidak kehilangan kendali.

Dan hal yang terindah adalah Tuhan tetap memberikan anugerah-Nya di dalam setiap musim hidup. Bukankah penebusan di dalam Kristus sempurna bagi hidup kita? Inilah kekuatan terbesar sekaligus anugerah terbesar, yang memampukan kita menikmati segala jerih payah dan setiap musim hidup kita selama hidup di bawah matahari.