ADA HARGA ADA KENYAMANAN

20
Apr

ADA HARGA ADA KENYAMANAN

Kata-Nya kepada mereka semua: “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku. (Lukas 9:23).

Satu kali saya belanja ke pasar. Sementara menunggu pesanan saya, mata saya melihat ada sepasang sandal khusus untuk pijit telapak kaki. Saya tertarik. Karena saya memang ingin memiliki sandal kesehatan seperti itu dan saya pernah sebelumnya iseng-iseng mencoba di mall, terasa nyaman di kaki. Maka, saya membelinya, dan harganya hanya Rp. 13.000 saja. Sesampai di rumah, saya langsung memakainya. Dan ternyata, wouw apa yang saya rasakan?. Rasanya berbeda jauh dengan sandal pijit yang saya coba di mall, dengan harga 10x lipat bedanya, dan nyaman sekali dipakai.

Harga menentukan Kenyamanan. Mau nyaman, enak, bagus tidak bisa dipungkiri ada harga yang harus kita bayar.

Demikian pula dalam mengikut Tuhan, Ada harga yang harus dibayar untuk kita bisa menikmati kenyamanan Sorga. Berapa besar harganya?.

  1. Menyangkal diri. Artinya: berani berkata tidak terhadap kenyamanan dan keinginan kita yang bertentangan dengan kehendak Tuhan. Rendah hati, Sabar, Penuh kasih, , Mengampuni, Taat, adalah harga yang harus kita bayar untuk menikmati sorga.
  2. Memikul Salib. Salib, symbol penderitaan. Ciri murid Kristus adalah memikul salib. Disinilah ujiannya, kita harus rela bayar harga tetap setia kepada Tuhan ditengah pergumulan dan penderitaan kita.
  3. Mengikut Yesus setiap hari. Meneladani Yesus setiap hari dan Dia satu-satunya pemimpin dalam hidup kita.

Untuk menikmati kenyamanan Sorga, tidak main-main harganya. Karena ini berarti kita harus menyingkirkan keinginan daging kita yang menghasilkan perbuatan dosa. Rela menderita bagi Tuhan, meneladani Yesus setiap hari. Bukankah itu tidak semudah membalikkan telapak tangan kita?. Seperti yang dialami oleh rasul Paulus juga dalam perjuangannya melawan kedagingannya.

Yesus sendiri berkata: Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga. Matius 7:21

Bagaimana?. Berani bayar harga tidak?. Dengan kekuatan kita, omong kosong kita bisa melakukannya!. Hanya bersandar pada kasih karunia-Nya yang akan memampukan kita untuk dapat bayar harga. Yesus Kristus, menyangkal diri, memikul salib, taat pada kehendak bapa-Nya, Dia akan memampukan kita untuk dapat melakukannya juga.

“Mau menikmati kenyamanan sorga? Berani bayar harga tidak dari sekarang?”