Lemah Tapi Dibutuhkan

24
Aug

Lemah Tapi Dibutuhkan
1 Korintus 12: 22-25

12:22 Malahan justru anggota-anggota tubuh yang nampaknya paling lemah, yang paling dibutuhkan. 12:23 Dan kepada anggota-anggota tubuh yang menurut pemandangan kita kurang terhormat, kita berikan penghormatan khusus. Dan terhadap anggota-anggota kita yang tidak elok, kita berikan perhatian khusus. 12:24 Hal itu tidak dibutuhkan oleh anggota-anggota kita yang elok. Allah telah menyusun tubuh kita begitu rupa, sehingga kepada anggota-anggota yang tidak mulia diberikan penghormatan khusus, 12:25 supaya jangan terjadi perpecahan dalam tubuh, tetapi supaya anggota-anggota yang berbeda itu saling memperhatikan

Sebuah organisasi atau tim kerja membutuhkan orang-orang yang memiliki kemampuan-kemampuan dalam bidang tertentu, terlebih jika orang tersebut memiliki beberapa kemampuan. Tentu ini merupakan hal yang penting agar tujuan organisasi bisa tercapai. Orang yang tampak banyak kekurangan dianggap tidak dapat diharapkan untuk mendukung tim kerja, dianggap sebagai penghambat untuk mencapai tujuan sebuah organisasi atau tim kerja. Dalam sebuah komunitas, atau kelompok jika ada orang yang memiliki banyak skill, orang yang semangat, banyak insipirasi dan aktif, tentu kita semua akan senang dengan orang tersebut. Kita akan lebih memperhatikan orang-orang yang demikian, dibandingkan orang yang banyak kekurangannya. Orang yang banyak kekurangan cenderung diabaikan, bahkan kita tidak ingin orang tersebut ada dalam komunitas atau kelompok kita.

Namun dalam kehidupan orang-orang yang beroleh anugerah melalui Yesus Kristus yang digambarkan sebagai satu kesatuan tubuh Kristus, dimana dalam tubuh Kristus itu atau komunitas orang-orang percaya tentu ada orang-orang yang nampaknya tidak memiliki kelebihan-kelebihan yang diharapkan, atau orang-orang yang tampak lemah. Terhadap orang-orang demikian di dalam komunitas orang-orang percaya haruslah yang mendapat perhatian lebih atau khusus.

Tuhan menempatkan orang-orang yang tampaknya lemah ditengah-tengah kita tentu ada maksudnya. Kita tidak dapat memandang rendah dan mengabaikan orang-orang yang terlihat lemah atau banyak kekurangan, justru mereka yang harus paling diperhatikan. Bahkan anggota komunitas yang tampaknya paling lemah itu yang paling dibutuhkan. Justru dengan adanya anggota yang tampak lemah dalam komunitas kita kesatuan orang percaya makin erat dan kuat. Tidak ada satupun orang yang dapat membanggakan atau menonjolkan diri karena Tuhan dapat memakai semua orang.

Ketika semua anggota tubuh Kristus saling mendukung, saling menopang, saling memperhatikan terlebih kepada saudara kita yang lemah, dengan ini kasih Kristus dan kuasa Allah nyata dalam komunitas tersebut. Dan Kesatuan dan persekutuan makin erat dan indah akan menjadi kesaksian bagi Injil di dalam dunia ini.

Kasih karunia Tuhan Yesus menolong kita untuk hidup saling menopang, saling memperhatikan sebagai satu kesatuan tubuh Kristus.