PELAYAN YANG SETIA DAN DAPAT DIPERCAYA

29
Jan

PELAYAN YANG SETIA DAN DAPAT DIPERCAYA

Pdt. Alex Kanesa

Aku bersyukur kepada Dia, yang menguatkan aku, yaitu Yesus Kristus, Tuhan kita, karena Ia menganggap aku setia dan mempercayakan pelayanan ini kepadaku – 1 Tim 1:12

“Menurut Anda gelar atau sebutan apa sih yang paling melegakan, paling membanggakan dan paling Anda dambakan, yang Anda harapkan dari Tuhan Yesus, begitu selesai seluruh kerja Anda di dunia?” SETIA dan DAPAT DIPERCAYA. Kedua hal ini merupakan modal utama, baik dalam keluarga, dunia bisnis, kehidupan sosial umumnya, maupun dalam pelayanan di gereja.

Ciri-ciri Pelayan Yang Setia Dan Dapat Dipercaya

1. Seorang yang memiliki integritas (1 Kor. 4:17), artinya seseorang yang berani melakukan apa yang diucapkan, berani menuangkan nilai-nilai yang dipercayai dalam bentuk tindakan dan setia pada kata-kata, tugas dan janjinya.

2. Seorang yang memiliki komitmen (1 Kor.4:14-16), artinya seseorang yang memahami dengan jelas dan baik tujuan atas panggilan Kristus dalam hidupnya, sehingga memiliki nilai hidup yang benar, tahu apa yang penting dan tidak penting dalam hidupnya sehingga hidupnya berarti (Ams. 28:20a).

3. Seorang yang peduli akan orang lain, artinya seseorang yang sering memperhatikan orang lain, bukan hanya diri mereka dan melenyapkan keegoisan serta tidak mudah menghakimi orang lain (1 Kor.4:3).

4. Seorang yang setia dalam proses Tuhan sekalipun menyakitkan (1 Kor.4:11-13), sehingga ia akan bertanggung jawab, jujur dan mau kerja keras dalam melakukan tugas pelayanannya serta berpegang teguh pada janji Tuhan.

Bagaimana dengan Anda, apakah Anda didapati oleh Tuhan sebagai murid Kristus atau pelayan Tuhan yang setia dan dapat dipercaya?