PERCAYA KEPADA YESUS

08
Nov

“PERCAYA KEPADA YESUS”
Yohanes 14:1-6 (TB)

Malam itu, Yesus dan murid-murid-Nya sedang makan malam bersama. Sembari makan, Yesus menggunakan kesempatan baik itu untuk memberitahukan banyak hal kepada para murid. Ia juga menasihati serta memberikan janji-janji penguatan dan penghiburan buat mereka. Dialog Yesus dan murid-murid-Nya di bagian ini merupakan percakapan di waktu-waktu terakhir Yesus bersama mereka, karena tidak lama lagi Dia akan dikhianati, ditangkap, disiksa, dan akhirnya disalibkan.

Waktu-waktu ini adalah waktu yang berat bagi kesebelas murid Yesus karena mereka akan berada dalam emosi yang terguncang. Yesus tentu saja mengetahui akan hal itu. Dia bukan hanya tahu, tetapi Dia juga memahami dan peduli dengan keadaan murid-murid-Nya itu. Maka dari itu, Yesus memberikan bagian yang sedang kita renungkan saat ini. Teks pada bagian ini diberikan sebagai teks penghiburan yang memberikan ketenangan bagi para murid.

Ayat-ayat yang menjadi dasar yang menenangkan ini ditujukan bukan hanya untuk para murid saja, tetapi juga bagi setiap kita. Jika saat ini anda sedang terguncang, ketenangan dan kekuatan seolah lenyap karena anda sedang di dalam titik terendah kehidupan, Yohanes 14:1-6 ini hadir untuk menenangkan dan menguatkanmu.

PERCAYA PADA KEHADIRAN-NYA

Yoh. 14:1
“Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku.

Ayat ini mengingatkan kepada kita untuk senantiasa percaya kepada Tuhan, sekalipun kita tidak dapat melihat-Nya, sekalipun kita tidak merasakan pertolongan-Nya, sekalipun doa-doa yang kita tidak kunjung dijawab.
Yesus mendorong kita untuk tetap percaya pada-Nya. Iman kita di dalam Yesus tidak boleh berkurang hanya karena situasi dan kondisi tidak sejalan dengan harapan kita. Yakinlah ada Yesus yang senantiasa hadir di setiap musim hidup kita. Ketika Dia hadir, itu sudah cukup buat kita.

PERCAYA PADA JANJI-NYA

Yoh. 14:2-4
(2) Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.
(3) Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada.
(4) Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ.”

Yesus berkata Dia pergi untuk menyediakan tempat bagi kita. Inilah cara Yesus menghibur para murid dan kita semua, bahwa Ia bukan pergi untuk menjauh dari kita, namun Dia pergi untuk menyiapkan sesuatu yang lebih baik bagi kita.
Dari janji ini kita dapat dikuatkan bahwa jika perkara kekekalan saja Yesus memikirkan dan menyediakannya bagi kita, apalagi untuk perkara fana ketika kita hidup di dunia ini.

PERCAYA PADA PRIBADI-NYA

Yoh. 14:6
Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Melalui 3 frase ini : Akulah jalan, kebenaran dan hidup Yesus ingin para murid tahu bahwa Yesuslah jawaban itu. Yesus satu-satunya pribadi yang dapat dipercaya, dalam keadaan apapun yakinlah bahwa Ia Pribadi yang layak dipercaya.

Situasi dan kondisi hidup yang buruk dapat membuat segalanya tampak tak ada jalan dan harapan. Namun Firman Tuhan hari ini memberi tahu kita, bahwa Yesus adalah Penolong kita yang sejati. Dia mengerti apa yang kita rasakan. Imanilah 3 (tiga) pesan yang diberikan kepada para murid yang juga berlaku buat kita. Percayalah pada kehadiran-Nya, percayalah pada janji-Nya, percayalah pada Pribadi-Nya. Amin.