KasihNya Kekal Selamanya

05
Jan

KasihNya Kekal Selamanya
(Mazmur 118:1)

Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.

Puji syukur kepada Tuhan Yesus Kepala Gereja, pada hari ini kita sudah berada di tahun baru tahun 2022. Suatu waktu yang penuh anugerah dan rahmat Tuhan telah memimpin perjalanan hidup kita. Tentunya banyak peristiwa yang tidak mudah dilupakan begitu saja sepanjang tahun lalu, dalam kehidupan, pekerjaan dan pelayanan tidak terlepas dari tantangan, pergumulan, persoalan dan kesulitan yang kita hadapi, namun kita masih diberikan kekuatan dan kesehatan untuk melewati semua peristiwa ini, apalagi melewati masa pandemi yang sangat menakutkan ini. Semua itu tidak lepas dari kasih dan kebaikan Tuhan dalam kehidupan anak-anaknya.

Firman Tuhan dalam Mazmur 118:1 mengajak umat Tuhan untuk bersyukur atas kebaikan dan kasih Tuhan. Ajakan ini diulang-ulang beberapa kali bahkan dalam penulisannya pemazmur membukan dan menutup Mazmur dengan bersyukur atas kebaikan dan kasih Tuhan.

Hal ini menunjukkan betapa pentingnya kita bersyukur karena kita sadar tanpa Tuhan kita tidak bisa berbuat apa-apa, seperti yang diucapkan Tuhan Yesus: di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa (Yohanes 15:5). Dalam Mazmur ini menyatakan betapa pemazmur mengenal lebih dalam pribadi Allah yang penuh kasih, sebab ia mengalami sendiri pertolongan Tuhan yang ajaib dalam hidupnya, ketika menghadapi berbagai macam masalah, tantangan, ancaman, kesulitan bahkan penderitaan, namun ditengah-tengah situasi demikian Allah menyatakan pertolonganNya yang ajaib.

Dalam Mazmur 118:5 menyatakan Allah mendengar doa ketika kita ada pergumulan, dalam kesesakan aku telah berseru kepada TUHAN. TUHAN telah menjawab aku dengan memberi kelegaan. Allah adalah Allah yang mendengar, melihat, memperhatikan, mengetahui semua pergumulan kita dan Ia mau bertindak menolong. Allah menjawab setiap doa anak-anakNya yang berseru kepadaNya. Berserulah kepada-Ku pada waktu kesesakan, Aku akan meluputkan engkau, dan engkau akan memuliakan Aku (Mazmur 50:15). Dalam kitab Yeremia 29:12 mengatakan: Dan apabila kamu berseru dan datang untuk berdoa kepada-Ku, maka Aku akan mendengarkan kamu.

Oleh sebab itu ditengah-tengah masa pandemi ini kita bisa membawa pergumulan apapun kepada Allah melalui doa, doa penuh kuasa, doa membawa perubahan dan melalui doa Tuhan akan memberi jalan keluar dalam segala masalah yang kita hadapi. Dalam pergumulannya menghadapi banyak musuh yang siap menyerang, melukai, mencederai bahkan menyakiti, pemazmur merasakan perlindungan dan kekuatan Tuhan sehingga merasa aman dan sejahtera, bahkan Allah memberikan kemenangan menghadapi musuh-musuhnya. Inilah hari yang dijadikan TUHAN, marilah kita bersorak-sorak dan bersukacita karenanya! (Mazmur 118:24).

Pernyataan kemenangan pemazmur meskipun ada musuh, ada tantangan, ada pencobaan, ada kesulitan namun akhirnya kemenangan ada di pihak Tuhan.

Oleh sebab itu melihat kasih dan kebaikkan Tuhan yang luar biasa membuat iman kita semakin diteguhkan dan hati kita penuh syukur dan pujian kepada Allah, sambil berkata:
Bagaimana akan kubalas kepada Tuhan segala kebajikannya kepadaku.